Apa Itu Processor?

Pengertian Processor dan Fungsi Processor (CPU) - Processor atau CPU merupakan prangkat keras dari komputer yang merupakan otak dari komputer yang memeahami dan menjalankan perintah dari prangkat lunak atau sebagai pemroses dari kerja sistem komputer, Processor memiliki berbagai jenis seprti Processor Intel, Processor AMD, Processor IBM, dan lain-lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pengertian Processor
Pengertian Processor adalah komponen komputer yang meupakan sebagai otak yang mejalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama prangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Processor makan akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses, dengan kapasitas processor yang besar dan didukung oleh memori atau ram yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan intruksi dengan cepat
Fungsi Processor
Fungsi utama Processor (CPU) adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Bagian-Bagian Processor
1.      ALU (Arithmetic and Logical Unit) : melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program
2.     CU (Control Unit) : pengatur lalu lintas data seperti input, output
3.     MU (Memory Unit) : alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi

Sebagai otk dari komputer CPU sangat diutamakan memiliki kecepetan yang besar dikarenakan akan membuat setiap proses atau intruksi yang di jalankan menghasilkan hasil yang sempurna tampa adaya gangguan saat mengerjakannya seperti terjadi hank, demikianlah ilmu Pengetahuan tentang Pengertian Processor dan Fungsi Processor (CPU)

sumber : ilmumu.com

0 comments: